Nagori Mambangun

sunset tepi

Tahukah kita kalau Nagori Simpang Sugiran sudah semakin maju dengan pembangunannya. Berbagai program pemerintah dilaksanakan berkat kerjasama anak nagori di kampuang. Sebut saja dana pemerintah yang dialirkan melalui Dana Alokasi Umum Nagari dan program lain seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) serta program lain yang berhasil digaet dari pemerintah.
PNPM-MP telah berhasil dimanfaatkan untuk pembangunan jalan ke Lokuang dan sekitarnya. Juga dalam kategori lain seperti Simpan Pinjam Perempuan yang notabene hanya beranggotakan female-female sejati yang dituntut mengembalikan dana pinjaman tak berbunga itu kepada pengurus dengan maksud untuk kembali menggulirkannya kepada anggota kelompok perempuan.
Lantas, apa peran kita untuk membantu suksesnya program tersebut?
Perantau boleh saja merasa bangga, karena banyaknya program yang masuk, tetapi partisipasi apa yang dapat kita berikan kepada orang-orang yang bekerja di kampung? Disini penulis memberikan sedikit gambaran sederhana mengenai realita pelaksanaan program Simpan Pinjam Perempuan. Kebanyakan kelompok-kelompok ekonomi kita masih dalam taraf belajar. Belum bisa berhasil kalau tidak dipantau dengan baik. Dimana letak kelemahannya selama ini? Masyarakat masih menganggap segala program yang datang dari pemerintah adalah bersifat hidah. Jika tidak dikembalikan juga tidak akan dapat sanksi apa-apa. Nah, kalau semuanya berpikiran seperti ini, siapa yang akan mengembalikan pinjaman itu? Bagaimana kelanjutannya? Jadinya, masyarakat kita yang dibantu, kaya sesaat. Setelah itu kembali duduk didepan rumah sambil “mangango/manciroguik”, melihat orang yang sudah maju dengan ekonominya. Yang miskin tetap miskin.
Lantas, apa peran yang diharapkan dari kita perantau?
Minimal, kalaupun tidak menambah modal kerja bagi keluarga dikampung, kita bisa mengajak mereka untuk mulai jujur menindaklanjuti program pemerintah, dengan sungguh-sungguh. Memberikan motivasi agar keluarga dikampung memiliki tekad untuk maju melalui program pemerintah yang telah ada dengan melakukan komunikasi antar keluarga.

Explore posts in the same categories: Pemerintahan

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: